Selasa, 24 Juni 2008

Membuat Script di Tampilkan Sebagai Postingan

Tips ini bermula dari keinginan saya untuk memposting tutorial membuat read more di blog ini. Permasalahannya adalah, ternyata kode yang saya tempatkan di halaman posting di 'eksekusi' oleh blogspot sebagai kode html biasa, sehingga tidak muncul dalam postingan.

Setelah berhari-hari mencari di gugel dan tidak menemukan (gak tau keywordnya) maka solusi terakhir saya adalah menyambangi mas Isnaini. Akhirnya saya diberi URL tentang tutorial terebut, yaitu dari sini. Nah karena saya sudah berhasil mempraktekannya, maka saatnya untuk membagikan tutorial ini ke semua blogger.

Cara pertama :
Yaitu menggunakan Windows Live Writer, cukup posting menggunakan software tersebut, maka kode yang kita masukkan akan tampil sebagai postingan Untuk cara ini saya belum mencobanya, coz belum downlot softwarenya.

Cara kedua:
Cara ini sedikit memerlukan 'usaha', tapi tenang saja, it easy bro! Oke, yang perlu anda butuhkan hanyalah software text editor, notepad di windows atau kwrite di linux atau terserah anda, yang penting software text editor.

copy kode yang ingin anda tampilkan sebagai posting ke notepad (saya contohkan menggunakan notepad), kemudian klik [Edit]->[Replace] (atau Alt+A), dan di kotak Find what ketikkan < dan di kolom Replace with ketik "&lt;" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan Replace All. Ulangi lagi cara di atas. Isikan kotak Find what dengan > dan di kolom Replace with "&gt;" (tanpa tanda petik). Klik Replace all.

Setelah selesai semua, copy-kan kode yang telah di edit tadi ke dalam postingan anda, dan hasilnya, kode akan ditampilkan sebagai postingan biasa. Posting saya menggunakan cara ini bisa dilihat disini.

Cara ketiga
Cara ini adalah hasil ketidaksengajaan saya, dan mungkin (mungkin lho..) hampir sama penggunaannya dengan cara pertama. Yaitu menggunakan Flock, web browser yang di ciptakan untuk para blogger.

Anda cukup memosting tulisan anda melalui fasilitas blog offline, dan anda akan mendapatkan hasil yang sama dengan cara kedua. Hasil posting saya menggunakan cara ini dapat dilihat di tulisan ini.

0 comments: