Jumat, 16 Mei 2008

Cara Membuat Blog di Blogger

Sebenarnya ini adalah pengetahuan yang bisa dibilang kuno, jadul atau apalah. Tapi karena ada beberapa temen saya yang menanyakan bagaiamana cara membuat blog (baca: mendaftar), maka tidak ada salahnya posting ini ditampilkan. Mudah-mudahan berguna buat para calon blogger lain.

Penyedia blog yang saya gunakan adalah Blogger, blog hosting milik Google. Berikut cara-cara untuk membuat blog gratis dari Blogger:

1. Pastikan anda mempunyai alamat email, lebih baik lagi jika email anda adalah Gmail, karena tidak perlu repot untuk melakukan aktivasi user dari Blogger nantinya. Jika anda tidak memiliki Gmail dan ingin mendaftar, klik disini. Tapi jika anda email yang anda miliki bukan Gmail (misal: Yahoo!) dan tetap ingin menggunakan alamat email tersebut, silahkan klik tulisan “ciptakan blog baru”. Jika email anda adalah Gmail, baca langkah ke 3.

2. Isikan data yang diminta. Klik continue

3. Masukkan user name dan password anda, klik sign in.

4. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman “Name Blog”, masukkan data-data yang diminta pada halaman tersebut. Setelah itu klik continue.

5. Halaman selanjutnya adalah halaman template. Pilih tema dari template-template default yang telah disediakan oleh Blogger. Template ini nantinya bisa anda ubah sesuai dengan selera. Kemudian tekan continue.

6. Pada halaman berikutnya klik start posting.

7. Di halaman posting silahkan isi halaman tersebut dengan tulisan anda. Jika sudah, klik publish.

8. Nah, sekarang anda sudah resmi menjadi blogger. Untuk melihat tampilan dari blog anda, klik View Blog dari halaman Dashboard.

Semoga bermanfaat

0 comments: