Jumat, 30 Mei 2008

Menambahkan Fitur Berlangganan (RSS)

Bagi anda pemilik blog, sudah barang tentu menginginkan blog anda dikunjungi banyak orang. Merupakan suatu kebanggan tersendiri jika kita melihat trafik visitor kita menunjukkan angka yang tinggi dan ada banyak komentar di setiap postingannya. Salah satu cara supaya blog anda sering dikunjungi adalah dengan meperbanyak posting (tentu saja!) dan memberitahukan pada mereka bahwa anda sudah memposting tulisan baru di blog anda.

Nah salah satu cara untuk membuat pengunjung anda supaya selalu tahu bahwa anda teah memposting tulisan baru adalah menggunakan RSS. RSS atau Really Simple Sindication adalah suatu fasilitas informasi yang digunakan untuk memberitahukan kepada reader (pembaca) bahwa sudah terdapat tulisan terbaru dari blog favoritnya. Salah satu penyedia jasa RSS gratis adalah FeedBurner.

Melakukan registrasi di FeedBurner tidaklah sulit. Anda tinggal masuk ke situsnya dan sign-in untuk menjadi anggota. Semudah membuat email! Setelah anda menjadi anggota FeedBurner, sekarang saatnya untuk menciptakan RSS untuk blog anda. Caranya sama mudahnya seperti anda mendaftar. Masukkan URL blog anda di kotak “Start FeedBurning Now.......” dan next, ikuti perintah saja dan hupla..anda sudah memiliki alamat rss blog anda.

Nah untuk memberitahukan bahwa blog anda memiliki fasilitas berlangganan ini, biasanya di halaman blog diberi logo dari rss, baik itu tulisan, logo, tulisan+logo dan bahkan animasi (seperti header rss blog ini). Untuk menampilkan logo tersebut silahkan memilih menu optimize untuk mendapatkan kode html yang nantinya harus dipasang di blog anda., supaya pengunjung blog yang tertarik untuk berlangganan tulisan anda bisa dengan mudah mensubscribenya.

Sedikit info tentang RSS:
Bukan Rumah Sangat Sederhana, tetapi RSS disini adalah Really Simple Syndication atau bisa digambarkan sebagai layanan penampil isi sebuah blog / web. Yang pertamakali merilis RSS adalah Netscape dengan versi pertama 0.90. Saat ini versi yang populer digunakan adalah versi 2.0 (bisa berkembang lagi). Ciri-ciri web / blog yang meyediakan fasilitas rss biasanya dengan adanya icon RSS atau XML berwarna orange.

1 comments:

Faisal Mandala mengatakan...

gmna ya caranya pasang css blog di friendster biar bisa langsung k blog lwat friendster?