Senin, 14 Juli 2008

Setting Modem Motorolla C380 dan Kartu Axis : Alternatif Internet Murah (2)

Ini adalah lanjutan dari tulisan pertama saya mengenai setting Motorola C380 dan kartu Axis yang cukup hemat untuk digunakan blogging, chatting atawa ngekron. Di tulisan pertama saya sudah menjelaskan secara umum bagaimana cara mengatur agar duet motorola dan axis bisa digunakan di komputer. Sekarang saya akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana pengaturan itu dilakukan. Tidak usah berpanjang-lebar-tinggi lagi inilah caranya..jreng..jreng

Saya asumsikan software Motorola Tools sudah terinstall, jika belum lihat artikel ini. Langkah pertama, colokkan hape ke kabel dan kabel ke komputer (halah). Jika Motorola Tools sudah terinstal, maka secara otomatis akan muncul kotak pesan 'Found new hardware' di komputer anda. Seperti biasa, setelah kemunculan pesan tersebut maka akan disusul dengan kotak-kota k dialog yang berhubungan dengan pesan tersebut. Ga' usah ambil pusing, klik next aja terus sampai muncul kotak pesan yang menandakan bahwa hardware anda sudah siap digunakan, ready to use bahasa jawanya :D

Tampilan awal Motorola Tool

Langkah kedua, jalankan Motorola Tools-nya. Jika anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, maka secara otomatis anda akan diminta untuk membuat sebuah profil, jika anda tidak mau susah, pilih aja default profile. Nyantai aja, ga banyak berpengaruh kok.

Jika sudah maka software tersebut akan tampil dilayar komputer. Model tampilannya berbeda-beda, tergantung dengan jenis hape yang digunakan. Berhubung hape yang saya gunakan adalah tipe C380, maka yang terlihat adalah visualisasi dari C380.


tampilan dalam bentuk C380

Langkah ketiga, atur koneksi internetnya. Caranya klik kanan icon bergambar hape di taskbar (bawah pojok), pilih [Setup]->[Internet Connection] (gambar bawah).



Maka akan muncul kotak Internet Connection. Klik dua kali ikon Add New Connection. Aka muncul Kotak Internet Wizard, klik next kemudian pilih Create a new connection. Pilih kartu yang akan anda gunakan. Ada empat provider yang sudah memiliki pengaturan otomatis disitu, yaitu IM3, proXL, Telkomsel dan Sat-C. Jika anda menggunakan salah satu dari keempat provider tersebut, anda tidak perlu direpotkan dengan pengaturan lainnya. Tinggal klik next. Nah karena ini berjudul Motorola+Axis, maka akan saya jelaskan pengaturan menggunakan kartu Axis.


internet wizard

Pilih Other pada Service Provider, tapi sebelumnya pilih Country-nya Indonesia. Jika sudah klik Next, dan pilih tipe koneksinya GPRS. Klik Next, maka akan muncul kotak Network access configuration. Isikan axis (huruf kecil) pada kolom Username, dan masukkan 123456 sebagai Password. Yang terakhir isi kotak APN dengan AXIS (huruf besar). Klik Next dan selesai.
 

pengaturan axis

Untuk mengkoneksikan ke internet, pilih ikon dunia (paling atas) dari Motorola Tools. Jika sudah ada pesan koneksi berhasi, maka anda sudah siap untuk berselancar ke dunia maya. Jika ada pertanyaan, silakan bertanya di kolom komentar, ga usah ragu. Keep Blogging bro :D

1 comments:

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Pertamax....

Saya pake HP Nokia kang... kayaknya settingan nya otomatis...